RUTIN SHALAT BERJAMA’AH AKAN MENDAPAT NAUNGAN ALLAH TA’ALA

RUTIN SHALAT BERJAMA’AH AKAN MENDAPAT NAUNGAN ALLAH TA’ALA Peduli Fajar Imani

RUTIN SHALAT BERJAMA’AH AKAN MENDAPAT NAUNGAN ALLAH TA’ALA Peduli Fajar Imani

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allah dalam naungan-Nya pada hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya:

(1) imam yang adil,
(2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allah,

(3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid,
Yang dimaksud di sini adalah laki-laki. Karena wanita lebih layak tempatnya di rumah. Sampai pun untuk shalat lima waktu, wanita lebih utama mengerjakannya di rumah dan pahalanya lebih besar. Sedangkan laki-laki, tempat shalatnya itu di masjid.

Laki-laki yang hatinya terkait dengan masjid adalah yang biasa menunggu shalat setelah shalat, misalnya ia menunggu waktu antara Maghrib dan Isya dengan berada dalam majelis ilmu dengan mendengar kajian Quran atau hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bisa juga pengertian orang yang hatinya terkait dengan masjid adalah mereka yang selalu mengingat shalat berjamaah walau dalam keadaan super sibuk. Sopir kendaraan ketika mendengar suara azan segera memarkirkan kendaraannya untuk mengerjakan shalat. Pegawai kantoran bergegas ke masjid ketika berkumandang hayya ‘alash sholah, hayya ‘alash sholah. Contoh-contoh seperti ini itulah mereka yang hatinya selalu terkait masjid.

(4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allah, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, …………

(HR. Bukhari, no. 1423 dan Muslim, no. 1031)