Menelusuri Hikmah Shadaqah

Menelusuri Hikmah Shadaqah bersama Al-Quran dan Sunnah.-Kita mungkin pernah mendengar ucapan tangan di atas lebih baik dari tangan dibawah, ini menunjukan bahwa memberi itu lebih baik daripada meminta, dalam islam sudah ada konsep ini bahkan banyak sekali dalam Al-Quran dan As-Sunnah yang menjelaskan keutamaan-keuatamaan serta pahala yang akan didapat oleh sang pemberi shadaqah.

Rasululloh SAW bersabda,

عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ

Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik shadaqah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.

Islam selalu mengajarkan kepada kita untuk saling tolong-menolong dalam hal kebaikan. Alloh SWT berfirman,

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali dari bisikan-bisikan orang yang menyuruh (manusia) memberi shadaqah, atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kami akan memberinya pahala yang besar”. (An Nissa ayat 114)

Dalam shadaqah selain keutamaan yang disebutkan disitu juga ada hikmahnya, diantara hikmah shadaqah adalah sebagai berikut,

1. Hikmah Shadaqah dapat Memperkuat Iman Kita

Dari sini kita tau bahwa hikmah shadaqah bukan sekedar membantu orang lain terlepas dari kesusahan, bahkan lebih dari itu dengan shadaqah kita dapat memperkuat iman-iman kita yaitu mengikis segala keraguan dan ketakutan akan berkurangnya harta, ketika kita bersedekah berarti iman kita sedang kuat.

2. Hikmah Shadaqah adalah melatih empati kita terhadap orang lain

Salah satu hikmah shadaqah adalah melatih empati sosial kita, dengan shadaqah kita dapat membantu orang lain, bukan hanya itu dengan shadaqah kita akan mendapat keutamaan dan pahala, disitulah kita akan melatih rasa empati kita kepada orang lain.

3. Terhindar dari sikap kikir termasuk dalam hikmah shadaqah

Sifat kikir adalah sikap tercela yang harus dihindari, seorang muslim harus menghindari sikap kikir ini, hal ini biasanya berasal dari rasa bahwa semua yang dia dapatkan saat ini hanya semata-mata karena usahanya sendiri tanpa melibatkan Alloh didalamnya hal inilah yang menyebabkan sikap kikir itu muncul.

4. Dengan shadaqah dapat menyembuhkan penyakit dengan izin Alloh SWT

Rasulullah SAW bersabda, “Bentengilah hartamu dengan zakat , obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana.” (H.R. Ath-Thabrani)

“Obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah!” (HR. Abu Dawud, dihasankan oleh al-Albani dalam Shahihul Jami’).

 

Rasululloh SAW dalam hadits ini menyarankan pada kaum muslimin untuk mengobati penyakit dengan mengambil sebab shadaqah, inilah hikmah shadaqah yang jarang diketahui.

5. Meringankan sakaratulmaut

Diantara hikmah shadaqah adalah diringinkannya sakaratulmuat, sakaratulmaut adalah sesuatu yang akan dilewati oleh setiap makhluk, sakaratulmaut adalah sesuatu yang sangat mengerikan kecuali untuk orang-orang yang dalam hidupnya selalu beramal shalih dan bertaqwa.

Rasulullah SAW bersabda, “Sedekah dari seorang Muslim menigkatkan (hartanya) dimasa kehidupannya. Dan juga meringankan kepedihan saat maut (Sakratulmaut), dan melauinya (sedekah) Allah menghilangkan perasaan sombong dan egois.” (Fiqh-us-Sunnah vol. 3, hal 97)

6. Hikmah Shadaqah salah satunya adalah dapat mengabulkan hajat

Salah satu cara untuk mendapatkan ijabah atas doa-doa kita adalah sadaqah, ini adalah cara yang disunnahkan oleh rosululloh SAW,

“Barang siapa berniat sedekah, kecepatan Allah membalasnya lebih dari kecepatan gerakan sedekahnya.” (Hadist Qudsi)

7. Memberikan keberkahan pada rezeki

Walaupun kita sudah mengeluarkan harta kita untuk sedekah pada hakikatnya harta tersebut tidak hilang akan tetapi Alloh akan ganti dengan keberkahan rezeki.

Rasulullah SAW pernah bersabda “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” (HR. Al-Baihaqi).

8. Diberikan naungan pada hari kiamat

Naungan yang diberikan pada hari kiamat diberikan oleh Alloh SWT dengan sebab sedekah yang kamu berikan pada saat di dunia.

“Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484)

9. Menghapus Dosa

Hikmah shadaqah salah satunya adalah dengan shadaqah dosa akan terhapuskan, Sedekah juga akan menghapus dosa  yang sudah kita perbuat meskipun dosa tersebut tidak dihapuskan begitu saja tanpa disertai dengan  perbuatan yang baik dan juga taubat.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

 

Wallohua’lam…