Baginilah Nabi Ketika Menyembelih Hewan Kurban

☝🏻 Baginilah Nabi Ketika Menyembelih Hewan Kurban 🐏
.
▶️ Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
.
1️⃣ Disunnahkan pemilik qurban menyembelih hewan qurbannya sendiri. Namun jika pemilik qurban tidak bisa menyembelih sendiri maka sebaiknya dia ikut datang menyaksikan penyembelihannya. Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam bersabda kepada putrinya yang hendak berqurban,
.
يَا فَاطِمَةُ قَوْمِي إِلَى أُضْحِيَّتِكَ فَاشْهَدِيهَا فَإِنَّهُ يُغْفَرُ لَكِ عِنْدَ أَوَّلِ قَطْرَةٍ تَقْطُرُ مِنْ دَمِهَا كُلُّ ذَنْبٍ عَمِلْتِيهِ
.
“Wahai Fatimah, beranjaklah kepada hewan kurbanmu, lalu saksikanlah, sebab semua dosa-dosa yang telah engkau perbuat akan diampuni pada saat tetes pertama darahnya”. 📚(Al-Mustadrok, no.7524, 7525).
.
2️⃣ Memakai alat yang tajam untuk menyembelih, Selain Kuku dan Gigi.
.
🍃Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْح وَ ليُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ
.
“Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya.” 📚 (HR. Muslim).
.
🐏 Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,
.
ما أنهر الدم وذكر اسم الله عليه فكل، ليس السن والظفر
.
“Selama mengalirkan darah dan telah disebut nama Allah maka makanlah. Asal tidak menggunakan gigi dan kuku.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).
.
3️⃣ Tidak mengasah pisau dihadapan hewan yang akan disembelih. Hal ini Berdasarkan hadis dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma,
.
أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحَدِّ الشِّفَارِ ، وَأَنْ تُوَارَى عَنِ الْبَهَائِمِ
.
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk mengasah pisau, tanpa memperlihatkannya kepada hewan.” 📚 (HR. Ahmad, Ibnu Majah ).
.
4️⃣ Hewan yang disembelih dibaringkan di atas lambung kirinya dan dihadapkan ke kiblat. Kemudian pisau ditekan kuat-kuat supaya cepat putus.
Syeikh Ibnu Utsaimin mengatakan, “Hewan yang hendak disembelih dibaringkan ke sebelah kiri, sehingga memudahkan bagi orang yang menyembelih. Karena penyembelih akan memotong hewan dengan tangan kanan, sehingga hewannya dibaringkan di lambung sebelah kiri. 📚(Syarhul Mumthi’, 7:442).
.
Disebutkan pula tentang menghadapkan hewan qurban ke kiblat dalam Mausu’ah Fiqhiyah:
Hewan yang hendak disembelih dihadapkan ke kiblat pada posisi tempat organ yang akan disembelih (lehernya) bukan wajahnya. Karena itulah arah untuk mendekatkan diri kepada Allah. (Mausu’ah Fiqhiyah Kuwaitiyah, 21:196).
.
5️⃣ Ketika akan menyembelih disyari’akan, Menekan Leher hewan dengan kaki. Sebagaimana disebutkan dalam hadis dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, beliau mengatakan,
.
ضحى رسول الله صلّى الله عليه وسلّم بكبشين أملحين، فرأيته واضعاً قدمه على صفاحهما يسمي ويكبر
.
🍃 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkurban dengan dua ekor domba. Aku lihat beliau meletakkan meletakkan kaki beliau di leher hewan tersebut, kemudian membaca basmalah …. (HR. Bukhari dan Muslim).
.
6️⃣ Disyariatkan pula membaca “Bismillaahi wallaahu akbar”(tidak perlu ditambahi Ar Rahman dan Ar Rahiim) ketika menyembelih.
.
Kemudian diikuti bacaan:
🔹hadza minka wa laka.” (HR. Abu Dawud 2795) Atau
🔹hadza minka wa laka ‘anni atau ‘an fulan (disebutkan nama shahibul qurban).” Jika yang menyembelih bukan shohibul kurban atau
🔹Berdoa agar Allah menerima qurbannya dengan doa, “Allahumma taqabbal minni atau min fulan (disebutkan nama shahibul qurban)”
.
🔍Catatan:
1. Tidak terdapat do’a khusus yang panjang bagi shohibul qurban ketika hendak menyembelih.
2. Semua Bacaan diatas (Doa, penyebutan nama pequrban dan Takbir) para ulama sepakat kalau hukum membaca takbir ketika menyembelih ini adalah sunnah dan bukan wajib, Sehingga kurban tetap sah meskipun ketika menyembelih tidak membaca takbir dan menyebut nama sohibul kurban.
.
🔍Adapun membaca basmalah, para ulama khilaf antara sunnah dan wajib, namun yang lebih kuat/rojih insyaAlloh adalah yang mewajibkan. Allah berfirman,
.
وَ لاَ تَأْكُلُواْ مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ الله عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ..
.
Janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. 📚(QS. Al-An’am: 121).
.
Semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang ingin berkurban tahun ini, semoga Alloh terima amal sholeh anda tersebut dan membawa keberkahan bagi anda dan keluarga. Aamiin. Wallahu a’lam.
.
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
•════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═════•
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
💻Peduli.fajrifm.com
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm* :
📩WA : 0852 1820 8707 | bit.ly/DonasiDakwahFajrifm