Bagi yang Ingin Berqurban, Jangan Tinggalkan 2 Adab ini.

😊🐪Bagi yang Ingin Berqurban, Jangan Tinggalkan 2 Adab ini. 🐐🐂

1️⃣ Jangan Potong Rambut dan Kuku
Apabila telah masuk sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah, sedang pada suatu hari di antaranya ada niat untuk berkurban, maka disunnahkan agar jangan memotong sedikit pun rambut dan kuku- kukunya, sampai kurban itu berhasil dia laksanakan. Jadi, tahanlah rambut dan kukunya, jangan dipotong.

🍃Karena, Nabi SAW bersabda:

« إِذَا رَأَيْتُمْ هِلاَلَ ذِى الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّىَ فَلْيُمْسِكْ عَنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ

“Apabila kamu sekalian melihat bulan sabit (hilal) dari bulan Dzulhijjah, sedang seorang dari kamu hendak berkurban, maka hendaklah ia menahan rambut dan kuku-kukunya.” 📚(HR. Muslim)

2️⃣Disunnahkan pula baginya agar menyembelih sendiri binatang kurbannya. Dan kalau bukan dia yang melakukan, karena uzur atau lainnya, maka hendaklah menyaksikan penyembelihannya.

اَنَّهُ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِفَطِمَةَ رَضِى اللهُ عَنْهَا: قُوْمِى اِلَى اُضْحِيَتِكَ فَاشْهَدِيَهَا فَاِنَّهُ بِاَوَّلِ قَطْرَةٍ مِنْ دَمِهَا يَغْفِرُلَكَ مَاسَلَفَ مِنْ ذُنُوبِكِ، قَالَتْ: يَارَسُوْلُ اللهِ، هَذَا لَنَا اَهْلِ الْبَيْتِ خَاصَّةً، اَوْلَنَا وَلِلْمُسْلِميْنَ عَامَّةً، قَالَ بَلْ لَنَا وَلِلْمُسْلِميْنَ عَامَّةً

Bahwasanya Nabi SAW berkata kepada Fathimah RA: “Berdirilah kamu di sisi binatang kurbanmu lalu saksikanlah (penyembelihan) nya. Karena sesungguhnya, dengan tetesan pertama dari darahnya, kamu mendapat ampunan atas dosa-dosamu yang telah lewat.” Fathimah berrtanya: “Ya Rasulullah, apakah ini khusus bagi kami Ahlulbait, ataukah bagi kita dan kaum muslimin seluruhnya?” Jawab Rasub “Bahkan bagi kalian kaum muslimin seluruhnya”. 📚(HR. al-Hakim dengan isnad shahih)

📻Fajri 99.3 Fm
_
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…

💻Peduli.fajrifm.com
📩WA : 0852 1820 8707
📱BBM : 5E83BB05

*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶️Telegram Channel : http://bit.ly/1NEYAH5
📸 Instagram : https://www.instagram.com/peduli.fajrifm/
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani