KONSULTASI – HUKUM SUMPAH POCONG

☝KONSULTASI – HUKUM SUMPAH POCONG 🤔
.
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
.
📝Pertanyaan: Assalamualaikum, Apakah sumpah pocong itu salah satu perbuatan syirik? Karena saya melihat salah satu ustadz di serial tv membenarkan sumpah pocong.
.
✏Jawaban: Waalaikumussalam. Perlu diingat, bahwa dalam beragama dasar kita adalah al-Qur’an dan Sunnah dengan pemahaman para salaful ummah..
Bukan kata ustadz A atau ustadz B dsb..
.
☝🏻 Artinya jika ustadz A atau B sesuai dengan alQuran dan Sunnah, maka ikuti. Jika bertolak belakang dengan Quran dan Sunnah maka jangan diikuti.
.
🤔 Adapun tentang Sumpah Pocong, yang perlu kita pahami dulu adalah masalah sumpah itu sendiri sebenarnya ada ketentuannya dalam Islam, di mana kita tidak boleh bersumpah kecuali atas nama Allah.
.
🍃 Rosulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka ia telah kufur atau syirik. ” 📚(HR Tirmidzi dari Umar ibnu Khattab).
.
🔍Dalam hadits lain disebutkan bahwa orang-orang Yahudi mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Sesungguhnya kalian telah berbuat syirik, kalian mengatakan, ‘Atas kehendak Allah dan kehendakku’ dan kalian mengatakan, ‘Demi Ka’bah’…” 📚(HR. Nasa`i dari Qutailah)
.
🔍Coba perhatikan dari hadits-hadits tadi, Jelas dalam islam dilarang bersumpah dengan selain Allah, meskipun dengan Ka’bah yang padahal ia sebagai baitullah, apalagi kalau selain Ka’bah seperti dgn Pocong atau yang lain sebagainya. Wallohu a’lam.
.
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
•════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═════•
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
💻Peduli.fajrifm.com
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm* :
📩WA : 0852 1820 8707 | bit.ly/DonasiDakwahFajrifm