Hati-Hati..!! Inilah Ciri Hamba Harta

☝🏻Hati-Hati..!! Inilah Ciri Hamba Harta💰
.
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
.
👉🏻 Sahabat, Tidak sedikit di zaman ini kita melihat banyak manusia rela menghabiskan waktunya hanya untuk berburu harta tanpa peduli halal dan haramnya, Bahkan ada yang rela meninggalkan Kewajiban dan Agama nya hanya untuk Harta.
.
🤔 Padahal Nabi kita telah mengingatkan agar kita tidak menjadi “Hamba/budak harta”. Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,
.
تَعِسَ عَبْدُ الدِّيْنَارِ تَعِسَ عَبْدُ الدِّرْهَمِ، تَعِسَ عَبْدُ الْخَمِيْصَةِ تَعِسَ عَبْدُ الْخَمِيْلَةِ إِنْ أُعْطِيَ رَضِيَ وَإِنْ لَمْ يُعْطَ سَخِطَ
.
“Celakalah hamba dinar, celakalah hamba dirham, celakalah hamba khamisah dan khamilah (sejenis pakaian yang terbuat dari wool/sutera). Jjika diberi ia senang, tetapi jika tidak diberi ia marah”📚 (HR. Bukhari).
.
🔍 Dalam hadits ini, Nabi mendoakan celaka bagi hamba dinar dan yang lainnya. Seseorang disebut “hamba dinar” dan “hamba dirham” bukan karena ia meletakkan harta lalu sujud dihadapannya, Namun karena dia melakukan berbagai amal perbuatannya hanya semata-mata mencari harta benda.
.
👉🏻 Seandainya tidak ada harta yang bisa diraih, maka dia tidak akan beramal. Sehingga Harta bendalah yang menjadikan motivasinya untuk beramal. Oleh karena itulah digelari sebagai “hamba dinar”. Penyebutan dengan “hamba” menunjukkan bahwa hal ini termasuk perbuatan syirik, karena orang tersebut sedang menghambakan dirinya kepada selain Allah. 📚(Lihat At Tamhid li Syarh Kitabi At Tauhid).
.
☝🏻 Sahabat, Dalam hadits di atas terdapat peringatan terhadap penghambaan kepada selain Allah, khususnya terhadap hal-hal yang fana seperti harta dan juga pakaian.
.
🍃 Penghambaan kepada Allah akan membuahkan sikap ridho dan qona’ah. Adapun penghambaan kepada selain Allah akan menumbuhkan sikap pelit, bakhil, egois, dan tamak. Termasuk perbuatan tercela yaitu mengumpulkan dan memiliki segala sesuatu yang melebihi batas kebutuhan seorang hamba sehingga menyibukkan dari beribadah kepada Allah dan tidak digunakan dalam rangka ketaatan kepada-Nya. (Lihat Bahjatun Nadzirin Syarh Riyadhus Salihin).
.
🍃 Semoga Alloh selamatkan kita dari Sifat tercela ini sahabat, sehingga kita lebih perhatian lagi dalam hal mendapatkan dan menyalurkan harta hanya di jalan yang diridhoi oleh Alloh ta’alaa. Aamiin
.
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
•════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═════•
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
💻Peduli.fajrifm.com
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm* :
📩WA : 0852 1820 8707 | bit.ly/DonasiDakwahFajrifm