Saat yang Tepat Untuk Berinfak

⏱ Saat yang Tepat Untuk Berinfak 🗳
.
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
.
😊 Sahabat, pernahkah melihat seseorang menjual jas hujan di saat musim kemarau? Kalaupun ada, tentu tidak terlalu laku jika dibandingkan menjualnya pada saat musim hujan.
.
☝🏻 Hal ini menunjukkan suatu hal memiliki waktu utamanya tersendiri, jika dilakukan di luar waktu tersebut memang tak mengapa, tapi nilainya sudah pasti tak sebesar bila dilakukan di saat yang paling utama.
.
👉🏻 Nah, demikian pula untuk bersedekah. Banyak orang yang bersedekah tanpa mengetahui waktu paling utamanya. Padahal nilai sedekah kita bisa berkali-kali lipat jika dilakukan di waktu-waktu utama tersebut.
.
🍃 Seorang pria mendatangi Rasulullah dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah yang bagaimanakah yang paling afdhol ?”
.
فَقَالَ أَنْ تَصَدَّقَ وَأَنْتَ صَحِيحٌ شَحِيحٌ تَخْشَى الْفَقْرَ وَتَأْمُلُ الْغِنَى وَلَا تُمْهِلَ حَتَّى إِذَا بَلَغَتْ الْحُلْقُومَ قُلْتَ لِفُلَانٍ كَذَا وَلِفُلَانٍ كَذَا أَلَا وَقَدْ كَانَ لِفُلَانٍ
.
Maka beliau menjawab: “Kamu bersedekah saat sehat, kikir, takut miskin dan kamu berangan-angan untuk menjadi hartawan yang kaya raya. Dan janganlah kamu lalai hingga nyawamu sampai di tenggorokan dan barulah kamu bagi-bagikan sedekahmu, ini untuk si Fulan dan ini untuk Fulan. Dan ingatlah (pada saat di ujung nyawa seperti itu), harta memang untuk si Fulan (yakni akan diwarisinya). “ 📚 (Shahih Muslim, no: 1713)
.
🍃 Imam Nawawi rahimahullah mengatakan bahwa,
“Orang pelit itu ketika dalam keadaan sehat. Jika ia berbaik hati bersedekah dalam keadaan sehat seperti itu, maka terbuktilah akan benarnya niatnya dan besarnya pahala yang diperoleh. Hal ini berbeda dengan orang yang bersedekah saat menjelang akhir hayat atau sudah tidak ada harapan lagi untuk hidup, maka sedekah ketika itu masih terasa kurang berbeda halnya ketika sehat.” 📚(Syarh Shahih Muslim, 7: 112)
.
🍃 Ibnul Munir menyampaikan bahwa ayat yang dibawakan oleh Imam Bukhari sebelum hadits di atas (yaitu QS. QS. Al Baqarah: 254 dan Al Munafiqun : 10) menunjukkan larangan menunda-nunda untuk berinfak dan supaya menjauhi panjang angan-angan. Juga di dalamnya diajarkan supaya bersegera dalam sedekah, jangan suka menunda-nunda. Dinukil dari Fathul Bari, 3: 285.
.
🔍 Terlebih jika digabungkan dengan waktu utama bersedekah lainnya seperti di waktu pagi dan hari jumat ini.
»» Baca Selengkapnya disini http://peduli.fajrifm.com/2017/11/dahsyatnya-sedekah-dihari-jumat/
.
Demikianlah sahabat, beberapa waktu yang paling tepat untuk bersedekah, semoga kita bisa mendapatkan kebaikan berkali lipat jika menafkahkan harta di jalan Allah pada waktu-waktu tersebut. Aamiin 😊😊😊
.
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
•════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═════•
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
💻Peduli.fajrifm.com
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm* :
📩WA : 0852 1820 8707 | bit.ly/DonasiDakwahFajrifm