KONSULTASI – HUKUM PUASA DAN SHALAT RAJAB

☝KONSULTASI – HUKUM PUASA DAN SHALAT RAJAB 🤔
.
📝Pertanyaan: Banyak yang bertanya kepada kami, terkait tersebarrnya broadcast yang isinya kurang lebih menyebutkan keutamaan puasa rajab dan anjuran mengabarkan kedatangan bulan rajab, apakah itu benar?
.
✏Jawaban: Tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab, baik bentuknya shalat, puasa, zakat, maupun umrah. Mayoritas ulama menjelaskan bahwa hadis yang menyebutkan amalan di bulan Rajab adalah hadis dhaif dan tertolak.
.
☝🏼 Ibnu Hajar rohimahulloh mengatakan,
.
لم يرد في فضل شهر رجب ، ولا في صيامه ، ولا في صيام شيء منه معين ، ولا في قيام ليلة مخصوصة فيه حديث صحيح يصلح للحجة ، وقد سبقني إلى الجزم بذلك الإمام أبو إسماعيل الهروي الحافظ
.
“Tidak terdapat riwayat yang sahih yang layak dijadikan dalil tentang keutamaan bulan Rajab, tidak pula riwayat yang shahih tentang puasa rajab, atau puasa di tanggal tertentu bulan Rajab, atau shalat tahajud di malam tertentu bulan rajab. Keterangan saya ini telah didahului oleh keterangan Imam Al-Hafidz Abu Ismail Al-Harawi.”📚 (Tabyinul Ujub bi Ma Warada fi Fadli Rajab, hlm. 6)
.
🔎Keterangan yang sama juga disampaikan oleh Imam Ibnu Rajab al-Hambali rohimahulloh. Dalam karyanya yang mengupas tentang amalan sepanjang tahun, yang berjudul Lathaiful Ma’arif, beliau menegaskan tidak ada shalat sunah khusus untuk bulan rajab.📚 (Lihat lagi di Lathaiful Ma’arif, hlm. 213)
.
☝🏼Bahkan dalam salah satu riwayat yang shahih, terkait hal ini sahabat Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu,
.
أنه رأى أهله قد اشتروا كيزانا للماء واستعدوا للصوم فقال : ما هذا ؟ فقالوا: رجب. فقال: أتريدون أن تشبهوه برمضان ؟ وكسر تلك الكيزان
.
🍃Beliau melihat keluarganya telah membeli bejana untuk wadah air, yang mereka siapkan untuk puasa. Abu Bakrah bertanya: ‘Puasa apa ini?’ Mereka menjawab: ‘Puasa rajab’ Abu Bakrah menjawab, ‘Apakah kalian hendak menyamakan rajab dengan ramadhan?’ kemudian beliau memecah bejana-bejana itu. 📚(Riwayat ini disebutkan oleh Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni 3/107, Ibn Rajab dalam Lathaif hlm. 215, Syaikhul Islam dalam Majmu’ Fatawa 25/291, dan Al-Hafidz ibn Hajar dalam Tabyi Al-Ujb hlm. 35)
.
👉🏻 Kemudian Imam Ibnu Rajab rohimahullohjuga menyebutkan beberapa riwayat lain dari beberapa sahabat lainnya, seperti Ibnu Umar dan Ibnu Abbas, bahwa mereka membenci seseorang yang melakukan puasa rajab sebulan penuh.
.
Sikap Para sahabat Nabi ini menunjukkan bahwa mereka memahami bulan rajab bukan bulan yang dianjurkan untuk dijadikan waktu berpuasa secara khusus. Karena kebiasaan itu sangat mungkin, tidak mereka alami di zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
.
🔎 ANJURAN YANG BENAR PADA BULAN RAJAB
Kendati tidaka ada anjuran untuk puasa rajab atau shalat rajab yang khusus diamalkan dibulan rajab, namun dikarenakan bulan rajab adalah salah satu bulan haram, maka yang dianjurkan adalah MEMPERBANYAK AMAL SHOLEH dibulan-bulan haram tersebut. (Baca artikel lengkap tentang bulan haram dissini http://peduli.fajrifm.com/2017/09/kenapa-harus-banyak-beramal-sholeh-di-bulan-muharram/)
.
Artinya jika ingin memperbanyak puasa sunnah, maka jangan hanya dilakukan pada bulan rajab saja, tapi lakukan juga di bulan haram lainnya, di bulan dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram.
.
☝🏼Selain itu hendaknya bukan hanya puasa sunnah atau shalat sunnah saja yang di perbanyak diamalkan pada bulan-bulan haram tersebut namun hendaknya diperbanyak pula amalan sunnah lainnya seperti bersedekah dsb. wallohu a’lam
.
•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
.
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
.
*Video Dakwah Ringkas* lainnya:
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm dan Info Selengkapnya* :
💻Peduli.fajrifm.com
📩WA : 0852 1820 8707 Atau Klik : bit.ly/DonasiDakwahFajrifm