KONSULTASI – HUKUM PINDAH RUMAH DARI TEMPAT YANG PENUH KEMAKSIATAN

☝KONSULTASI – HUKUM PINDAH RUMAH DARI TEMPAT YANG PENUH KEMAKSIATAN 🤔
.
📝Pertanyaan: Assalamualaikum.. ustadz saya mau nanya, saya buka warung tapi tidak jual rokok karna tau hukumnya haram, saya mau oper ke kakak saya, karna modal sudah tipis. tapi saya takut jika di lanjutkan oleh beliau nanti beliau jual rokok. sedangkan sudah saya bilang tapi sepertinya gak masuk ke hatinya bahwa rokok itu haram.
Jika saya oper ke kakak, saya ingin pergi dari lingkungan ini karna gak tahan seperti asing bahkan di keluarga sendiri di kucilkan di olok – olok… bagaimana saya harus bersikap menghadapi hal ini ?
.
✏Jawaban: Waalaikumussalam. Hijrah dari tempat yang buruk, melemahkan iman menuju ke tempat yang lebih baik lagi bisa meningkatkan iman, merupakan salah satu perbuatan mulia di sisi Alloh ta’alaa..
.
☝🏼Ingatkah kita tentang kisah shahih dalam salah satu hadits riyadhus sholihin tentang seorang pembunuh 100 orang?. Ia telah membunuh 99 orang, lalu ia bertanya pada ahli ibadah tapi tidak berilmu tentang perbuatannya. Ahli ibadah itu mengatakan bahwa Allah akan mengampuni dosanya, hingga ia membunuh ahli ibadah tersebut dan menjadi korban ke-100nya. Kemudian ia mendatangi seorang yang berilmu dan bertanya apakah masih ada kesempatan bertaubat setelah membunuh 100 orang? Orang berilmu itu pun memberi nasehat supaya ia pindah ke negeri yang baik dan meninggalkan negerinya yang buruk (karena banyak dihuni orang-orang yang suka berbuat maksiat).
.
🔎 Hadits tentang kisah tersebut juga menunjukkan wajibnya mencari lingkungan baik yang dihuni oleh orang-orang sholeh sebagai tempat tinggal, untuk tujuan memperbaiki diri dan mengambil teladan baik dengan selalu bergaul dengan mereka. Sebagaimana hadits ini menunjukkan keharusan berhijrah (berpindah) dari tempat yang banyak perbuatan maksiat padanya, ke tempat yang tidak terdapat maksiat padanya, atau minimal perbuatan maksiatnya lebih sedikit. 📚 (Kitab Bahjatun Naazhiriin (1/62).
.
👉🏻 Adapun mengenai kekhawatiran anda terhadap adik/ saudara yang akan menjual kembali barang2 yang haram, maka kewajiban anda hanya sampai pada memperingatkan dan mendakwahkannya. Jika ia menjual kembali barang yang haram tsb, maka pastikan anda telah berlepas diri dari perbuatan tercela yang ia lakukan. wallohu a’lam
.
•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
.
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
.
*Video Dakwah Ringkas* lainnya:
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm dan Info Selengkapnya* :
💻Peduli.fajrifm.com
📩WA : 0852 1820 8707 Atau Klik : bit.ly/DonasiDakwahFajrifm