KONSULTASI – HUKUM DERDO’A DALAM HATI KETIKA SUJUD/TAHIYAT

☝KONSULTASI – HUKUM DERDO’A DALAM HATI KETIKA SUJUD/TAHIYAT 🤔
.
📝Pertanyaan: Apakah saat kita berdo’a dalam sujud dan tahiyat akhir mulut kita melafadzkannya atau cukup dalam hati saja?
.
✏Jawaban: Imam Nawawi berkata dalam Syarh Muhadzab, Ketahuilah bahwa dzikir-dzikir yang dianjurkan oleh agama baik dalam shalat ataupun yang lainnya, baik yang wajib maupun sunnah. Ia tidak dihitung dan tidak dianggap sampai diucapkan dan didengarkan dirinya dalam kondisi pendengarannya baik tidak cacat.
.
☝🏼Para ulama sepakat bahwa yang dimaksud dengan membaca adalah melafalkan huruf-huruf dengan memberikan hak masing-masing huruf, dalam hal ini huruf hijaiyah, dengan semestinya. Bahkan sebagian mereka berpendapat, harus sampai dirinya dapat mendengar bacaannya sendiri, kecuali ada suara bising dari luar.
.
🔎 Imam Malik pernah ditanya mengenai seseorang yang membaca al-Qur`an di dalam shalat, namun tidak ada yang dapat mendengarnya termasuk dirinya sendiri. Dia tidak menggerakkan lisannya. Imam Malik menjawab, “Itu bukan membaca. Membaca itu menggerakkan lisan.”
.
🔎 Al-Kasani—seorang ahli fiqh madzhab Hanafi—menyatakan, “Membaca itu harus dengan menggerakkan lisan melafalkan huruf. Jika seseorang yang mengerjakan shalat mampu melakukan hal itu namun tidak melakukannya, maka shalatnya tidak benar.”
.
🍃 Adapun doa ketika sujud atau doa sebelum salam, maka lebih diutamakan berdasarkan hadits-hadits yang shohih dari Rasulullah shalallahu alaihi wasallam. Tetapi ini tidak membatasi. Boleh seseorang berdoa dalam sujudnya dengan doa apa saja yang ia sukai.
.
📝 Dijawab Oleh : Tim Lajnah Ilmiyah Fajri FM 💐💐💐
•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
.
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
.
*Video Dakwah Ringkas* lainnya:
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm dan Info Selengkapnya* :
💻Peduli.fajrifm.com
📩WA : 0852 1820 8707 Atau Klik : bit.ly/DonasiDakwahFajrifm