Inilah Keutamaan Bersedekah di Bulan Rajab, yang Tidak Boleh Kita Lewatkan.

☝🏼Inilah Keutamaan Bersedekah di Bulan Rajab, yang Tidak Boleh Kita Lewatkan. 🌕
.
🌕 Bulan Rajab adalah salah satu dari 4 bulan Haram yang sangat Dimuliakan dalam Islam, jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Oleh karenanya paling tidak ada 3 alasan, mengapa kita harus menjadikan sedekah sebagai salah satu amal utama di bulan mulia ini.
.
1⃣ Dianjurkan banyak beramal sholeh di bulan haram. Al Qodhi Abu Ya’la rahimahullah menjelasskan, “(karena) Pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan tersebut. Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan.” 📚 (Lihat Zaadul Maysir, tafsir surat At Taubah ayat 36)
.
oleh karenanya kita dianjurkan memperbanyak amalan2 sunnah dibulan ini, salah satunya adalah Sedekah.
.
2️⃣ Diantara Bulan Haram, Rajab Lebih Utama. Meski Para ulama berselisih pendapat tentang manakah di antara bulan-bulan haram tersebut yang lebih utama. Bahkan Imam an-Nawawi (salah satu ulama besar Syafi’iyah) dan ulama Syafi’iyah lainnya melemahkannya,
.
🔎 Namun Ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa yang lebih utama adalah bulan Rajab, sebagaimana hal ini dikatakan oleh sebagian ulama Syafi’iyah.
.
3️⃣ Agar Siap Menghadapi Keagungan Ramadhan.
أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ حَكِيْمٍ اْلأَنْصَارِيِّ قَالَ: ” سَأَلْتُ سَعِيْدَ بْنَ جُبَيْرٍعَنْ صَوْمِ رَجَبَ ؟ وَنَحْنُ يَوْمَئِذٍ فِيْ رَجَبَ فَقَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا يَقُوْلُ كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُوْمُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يُفْطِرُ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يَصُوْمُ”
.
“Sesungguhnya Ustman Ibn Hakim Al-Anshori, berkata: “Aku bertanya kepada Sa’id Ibn Jubair tentang puasa di bulan Rajab dan ketika itu kami memang di bulan Rajab”, maka Sa’id menjawab: “Aku mendengar Ibnu ‘Abbas berkata: “Nabi Muhammad Shalalalahu ‘Alaihi Wassallam berpuasa (di bulan Rajab) hingga kami katakan beliau tidak pernah berbuka di bulan Rajab, dan beliau juga pernah berbuka di bulan Rajab, hingga kami katakan beliau tidak berpuasa di bulan Rajab.” 📚 (HR Imam Muslim)
.
🔎 Dari riwayat tersebut di atas bisa dipahami bahwa Nabi mulai serius memperbanyak Puasa sunnah dibulan rajab. Hal ini dalam rangka ‘warming up’ persiapan diri menyambut puasa di bulan ramadhan.
.
😊 Namun, jangan lupa, amal ibadah itu banyak cakupannya. Hendaknya bukan hanya puasa sunnah, namun Kalau kita perhatikan bagaimana satu hadits yang menyebutkan Nabi amat dermawan di bulan Ramadhan, maka melatih kedermawanan di bulan Rajab juga suatu kebaikan.
.
Perlu diingat, Bukan hanya di Bulan Rajab, Hendaknya Kita juga Banyak bersedekah dan beramal sholeh dibulan-bulan haram lainnya.
.
🍃 Semoga dapat bermanfaat dan semakin meningkatkan semangat kita untuk banyak beramal sholeh di bulan-bulan haram ini, terutama bulan rajab.
Wallohu a’lam. 😊
•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
.
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
.
*Video Dakwah Ringkas* lainnya:
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm dan Info Selengkapnya* :
💻Peduli.fajrifm.com
📩WA : 0852 1820 8707 Atau Klik : bit.ly/DonasiDakwahFajrifm