Cadar, Menurut Pandangan Para Sahabat Nabi dan Ahli Tafsir

🌼 Cadar, Menurut Pandangan Para Sahabat Nabi dan Ahli Tafsir 🍃🍃
.
🌸 Wanita bercadar seringkali diidentikkan dengan orang arab atau timur-tengah. Padahal memakai cadar atau menutup wajah bagi wanita adalah ajaran Islam yang didasari dalil-dalil Al Qur’an, hadits-hadits shahih serta penerapan para sahabat Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam serta para ulama yang mengikuti mereka. Sehingga tidak benar anggapan bahwa hal tersebut merupakan sekedar budaya timur-tengah, apalagi diidentikan dengan keburukan, seperti teroris, radikal ataupun kesesatan.
.
☝🏼 Mari kita simak dengan baik pemaparan dua ulama besar dan alim dalam bidang tafsir dari kalangan madzhab syafii yaitu Imam Ibnu Katsir Asy-Syafii rahimahullah dan Imam Jalaluddin As-Suyuti Asy-Syafii rahimahullah dalam tafsirnya:
.
Ketika menafsirkan firman Alloh tentang kewajiban jilbab, yang berbunyi:
.
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
.
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin, Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” 📚 (QS. Al-Ahzab:59)
.
🔎 Imam Ibnu Katsir Asy-Syafii rahimahullah berkata:
.
“Mengutip dari Ali ibnu Abu Thalhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa *Allah memerintahkan kepada kaum wanita yang beriman apabila mereka keluar rumah untuk suatu keperluan, hendaklah mereka menutupi wajah mereka* dimulai dari kepala mereka dengan kain jilbab dan hanya diperbolehkan menampakkan sebelah matanya saja.”
.
🔎 Lebih lanjut Muhammad ibnu Sirin rahimahullah mengatakan bahwa ia pernah bertanya kepada Ubaidah As-Salmani tentang makna firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. (Al-Ahzab: 59) Maka Ubaidah As-Salmani mengatakan, “menutupi wajah dan mukanya, serta menampakkan mata kirinya (yakni memperagakannya).” 📚[Lihat Tafsir Ibnu Katsir]
.
☝🏼 Kemudian, Imam Jalaluddin As-Suyuti Asy-Syafii rahimahullah juga berkata mengenai Firman Alllah ta’alaa yang berbunyi :
.
“Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”.
.
lafadz Jalabib adalah bentuk jamak (plural) dari lafadz Jilbab, yaitu kain yang dipakai oleh seorang wanita untuk menutupi seluruh tubuhnya. *Maksudnya hendaknya mereka mengulurkan sebagian daripada kain jilbabnya itu untuk menutupi muka mereka, jika mereka hendak keluar karena suatu keperluan,* (yang ditampakkan) kecuali hanya satu mata. ”📚 [Lihat Tafsir Al-Jalalain]
.
👉🏻 Inilah pandangan para sahabat dan ahli tafsir dimana mereka pasti lebih paham tentang Al-Quran, Al-Hadits dan zaman kehidupan mereka lebih dekat dengan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
.
☝🏼Kita lebih memilih pandangan mereka karena mereka hidup di zaman yang jauh dari syubhat dan syahwat berbeda dengan zaman sekarang dimana banyak manusia berbicara tentang agama akan tetapi dilandaskan pada akal serta hawa nafsu bukan dilandaskan pada wahyu dan pemahan para pendahulu yang saleh serta ahli ilmu.
.
🌸 Sehingga akhir-akhir ini muncul pendapat yang mengatakan bahwa jilbab hukumnya tidak wajib -na’udzu billah- dan banyak orang yang minim ilmu mencibir para muslimah yang bercadar padahal itulah hakikat orang-orang yang komitmen terhadap syariat Islam.
.
☝🏼Bahkan diantara Orang-orang yang minim ilmu menganggap bahwa jilbab dan cadar hanya sebagai budaya dan bukanlah perintah syariat, sungguh ini pendapat yang keliru dan berseberangan dengan syariat itu sendiri. Semoga Allah senantiasa memberikan taufiq kepada kita. Wallahu A’lam
.
📝 Referensi:
.
1. Tafsir Ibnu Katsir
2. Tafsir Al-Jalalain
.
😊 Akhukum Fillah:
.
📝 Penulis : Abul Fata Miftah Murod, S. Ud, Lc
🔎 Edditor : Muadz H, S. Ud.
.
•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
.
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
.
*Video Dakwah Ringkas* lainnya:
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm dan Info Selengkapnya* :
💻Peduli.fajrifm.com
📩WA : 0852 1820 8707 Atau Klik : bit.ly/DonasiDakwahFajrifm