KONSULTASI – WAS-WAS BEKAS AIR KENCING, BATALKAH WUDHU?

☝KONSULTASI – WAS-WAS BEKAS AIR KENCING, BATALKAH WUDHU?🤔
.
📝Pertanyaan: Bagaimana cara menghilangkan was-was ketika sehabis buang air kecil agar tidak ragu dalam hal batal atau tidaknya wudhu?
.
✏Jawaban: Apabila Anda yakin bahwa yang keluar adalah air kencing maka najislah pakaian dalam Anda, apabila ketika itu Anda sudah berwudhu maka batal lah wudhu Anda, apabila ketika itu Anda shalat maka batal lah shalat Anda. Dan tertentu anda harus berwuhu lagi atau shalat lagi.
.
☝🏼Namun, apabila Anda ragu apakah yang keluar itu air kencing atau bukan maka janganlah diperdulikan. Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa kerajaan Arab Saudi pernah ditanya: dengan pertanyaan seperti yang dialami.
.
🔎Dan dijawab jika Anda sudah memastikan keluarnya air kencing, maka Anda wajib beristinja dan berwudu setiap hendak shalat. Anda juga harus mencuci bagian pakaian yang terkena kencing. Namun jika Anda ragu, maka Anda tidak berkewajiban melakukan hal tersebut. Anda selayaknya berpaling dari keraguan itu supaya Anda tidak terkena penyakut waswas.
.
🍃Dan obat yang paling mujarab untuk menghilangkan was-was adalah sikap tidak peduli. Tidak mengambil pusing setiap keraguan yang muncul.
.
📚 Dalam kitab al-Fatawa al-Fiqhiyah al-Kubro, Juz 1 halaman 149. Ahmad al-Haitami ketika ditanya tentang penyakit was-was, adakah obatnya? Beliau mengatakan;
.
👉🏻Ada obat yang paling mujarab untuk penyakit ini, yaitu tidak peduli secara keseluruhan. Meskipun dalam dirinya muncul keraguan yang hebat. Karena jika dia tidak perhatikan keraguan ini, maka keraguannya tidak akan menetap dan akan pergi dengan sendiri dalam waktu yang tidak lama. Sebagaimana cara ini pernah dilakukan oleh mereka yang mendapat taufiq untuk lepas dari was-was. Sebaliknya, orang yang memperhatikan keraguan yang muncul dan menuruti bisikan keraguannya, maka dorongan was-was itu akan terus bertambah, sampai menyebabkan dirinya seperti orang gila atau lebih parah dari orang gila. Sebagaimana yang pernah kami lihat pada banyak orang yang mengalami cobaan keraguan ini, sementara dia memperhatikan bisikan was-wasnya dan ajakan setannya. Demikian wallahu a’lam…
.
📝 Dijawab oleh “Tim Lajnah Ilmiah Radio Fajri” 💐💐💐
.
•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
.
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
📸 Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
💻Klik : @pedulifajrifm
.
*Video Dakwah Ringkas* lainnya:
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
🔰 *Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*
.
*Konfirm dan Info Selengkapnya* :
💻Peduli.fajrifm.com
📩WA : 0852 1820 8707 Atau Klik : bit.ly/DonasiDakwahFajrifm