SIAPA YANG PALING DEKAT DENGAN NABI DI HARI KIAMAT?

SIAPA YANG PALING DEKAT DENGAN NABI DI HARI KIAMAT?
.
Tidak Sedikit dari kaum muslimin yang meremehkan ibadah agung yang satu ini. Padahal bersholawat kepada Nabi Muhammad _Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam_ merupakan ibadah yang cukup mudah lagi memiliki banyak keutamaan, diantaranya :
.
1️⃣ Alloh Perintahkan langsung.
.
Alloh ta’alaa berfirman:
إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
.
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab: 56)
.
2️⃣ Mendapat Syafaat Nabi.
.
Dikala manusia dan makhluk Alloh lainnya mendapat banyak kesulitan dan kegentingan di hari akhir nanti, hanya beberapa golongan saja yang mendapat syafaat Nabi_Shallallahu ‘alaihi wa Sallam_. Salah satunya adalah mereka yang gemar bersholawat kepada Nabi.
.
Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ
.
“Barangsiapa bershalawat kepadaku atau meminta agar aku mendapatkan wasilah, maka dia berhak mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat nanti.” (Hadits ini terdapat dalam Fadhlu Ash Sholah ‘alan Nabiy no. 50, Isma’il bin Ishaq Al Jahdiy. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani)
.
3️⃣ Alloh Balas Sholawatnya berlipat ganda.
.
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
.
“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali.” (HR. Muslim no. 408)
.
Keutamaan Bershalawat di Hari Jum’at
.
Selain mendapat banyak keutamaan diatas, Khusus bagi mereka yang banyak bersholawat di hari jumat akan mendapat keutamaan agung sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut;
.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً
.
“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro. Hadits ini hasan ligoirihi –yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya-)
.
Kapan mulai membaca shalawat?
.
Membaca shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pada hari Jum’at bisa dimulai sejak malam harinya.
.
Hal ini didasarkan pada hadits Anas bin Malik, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;
.
أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَىَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا
.
“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada pada hari Jum’at dan malam Jum’at. Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali niscaya Allah bershalwat kepada sepuluh kali.” (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Kubranya dan dinytakan oleh Syaikh al Albani dalam Ash Shahihah, sanadnya shalih).
.
Demikianlah Sekilas tentang keutamaan dan waktu mulai shalawat di hari jumat. Semoga semakin memotivasi kita untuk memperbanyak sholawat terutama dihari jumat. Tentunya dengan Sholawat yang diajarkan dan di contohkan Nabi.
Amin..
.
•═══════◎❅◎❦۩❁۩❦◎❅◎═══════•
Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…
.
*Konfirm dan Info Selengkapnya* :
Peduli.fajrifm.com
WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05
.
*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶️Telegram Channel : t.me/pedulifajrifm
Instagram : instagram.com/pedulifajrifm/
Klik : @pedulifajrifm
.
*Video Dakwah Ringkas* lainnya:
⏸Subcribe : bit.ly/videoislam
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
*Tambahkan Rp.88, jika anda mendukung prog. Dakwah via medsos. Misal Rp. 50.088*