HUKUM WANITA HAID MEMBACA AL QUR’AN

☝️KONSULTASI – HUKUM WANITA HAID MEMBACA AL QUR’AN

Pertanyaan:
Jika sedang haid, apakah boleh membaca al-qur’an memakai juz amma?

✏️Jawaban
Jumhur ulama berpendapat diharamkan membaca Al-Quran bagi wanita haid sebelum dia suci. kecuali bacaan yang dibaca dengan tujuan berzikir dan berdoa, dan tidak ditujukan membaca Al-Quran. Seperti bacaaan bismillahrrahmaanirrahim, inna lillah wa inna ilaihi raajiun, rabbanaa aatina fiddunya hasanah… dan sebagainya. Sebagaimana zikir dan doa lainnya yang terdapat dalam Al-Quran.

Pendapat mereka yang melarang hal tersebut dilandasi dengan beberapa dalil;

Hukum wanita haid sama dengan hukum orang yang junub, karena keduanya diwajibkan mandi janabah. Sementara terdapat riwayat shahih dari Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu,

“Sesungguhnya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam mengajarkan mereka Al-Quran, tidak ada yang menghalanginya dari Al-Quran selain janabah.” (HR. Abu Daud, Tirmizi, , Nasai, Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, hadits hasan)

Apa yang diriwayatkan dari hadits Ibnu Umar radhiallahu anhu, sesungguhnya Nabi shalallahu alaihi wasallam, bersabda,

“لا تقرأ الحائض ولا الجنب شيئاً من القرآن

“Hendaknya wanita haid dan orang yang junub tidak membaca Al-Quran sedikitpun.” (HR. Tirmizi, Ibnu Majah, Daruquthni, dan Baihaqi)

Aka tetapi hadits ini merupakan hadits lemah. Dan sebagian ulama berpendapat bolehnya membaca Al-Quran tanpa menyentuh mushaf bagi wanita haid. Ini merupkan mazhab Maliki, juga menjadi salah satu pendapat Ahmad, serta pendapat yang dipilih Syaikhul Islam Ibnu Taimiah dan Asy-Syaukani menguatkannya. Di antara dalil mereka adalah,

Asal dalam sebuah perkara adalah dibolehkan dan halal hingga ada dalil shohih yang melarangnya. Sedangkan dalam masalah ini tidak ada dalil yang melarang wanita haid untuk membaca Al-Quran jika tanpa menyentuhnya. Syaikhul Islam Ibnu Taimiah berkata, “Dalam masalah pelarangan wanita haid untuk membaca Al-Quran, tidak terdapat nash yang jelas dan sah. Padahal telah diketahui bahwa kaum wanita mengalami haid pada zaman Nabi shalallahu alaihi wasallam, akan tetapi beliau tidak melarang mereka untuk membaca Al-Quran, sebagaimana beliau tidak melarang mereka untuk berzikir dan berdoa.

✒️Dijawab Oleh : Tim Lajnah Ilmiyah Fajri FM

—————————
Fajri 99.3 Fm
_
Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…

Peduli.fajrifm.com
WA : 0852 1820 8707
BBM : 5E83BB05

*Artikel, Info Kajian dan Kegiatan Fajri lainnya* , Join:
▶️Telegram Channel : http://bit.ly/1NEYAH5
Instagram : https://www.instagram.com/peduli.fajrifm/
_
Donasi Dakwah Fajri FM:
BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani