ANJURAN SALING NASEHAT MENASEHATI SESAMA MUSLIM

☝️KONSULTASI – ANJURAN SALING NASEHAT MENASEHATI SESAMA MUSLIM 😊

📝Pertanyaan
Di tempat kerja saya mempunyai teman yang selalu sharing dalam semua hal, saya selalu kasih solusi dengan mengedepankan agama semampu yang saya ketahui. Apakah sikap saya diperbolehkan menurut agama?

🕋Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

(( حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ )) قِيلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُولَ اللَّهِ؟ قَالَ: (( إِذَا لَقِيتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ… ))

“Hak Muslim atas Muslim lainnya ada enam. Ditanyakan kepada beliau, apa itu wahai Rasulullah? Beliau menjawab, “Jika engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam kepadanya; jika ia mengundangmu, maka penuhilah undangannya; jika ia meminta nasihat kepadamu, maka nasihatilah ia…” (HR. Muslim)

🍃Dan tentu sikap anda benar, dikala teman butuh nasihat anda ada untuk menasihatinya. Imam Ibnu Daqiq mengatakan bahwa hukum memberikan nasihat adalah fardhu kifayah. Dan memberi nasihat harus disesuaikan dengan menurut kadar kesanggupan seseorang.

🍃Ini merupakan kesempurnaan nasihat untuk saudara sesama muslim. Jika kita mendapatinya hampir terjatuh ke dalam suatu keburukan, melakukan pelanggaran syar’i, berbuat sesuatu yang memudharatkan dirinya, atau perbuatan yang lainnya, maka segera nasihatilah saudara sesama muslim itu walaupun ia tidak memintanya. Dan itu bukanlah termasuk sikap yang lancang, bahkan kesempurnaan nasihat dan bentuk kepedualian kepadanya.

🍃Pada kondisi-kondisi tertentu, kita dapat memberikan nasihat kepada seseorang secara langsung. Namun, terkadang nasihat disampaikan dengan cara memberikan contoh berupa amal perbuatan, yang tujuannya adalah memberikan nasihat. Maka dari itu, cara penyampaian nasihat berbeda-beda menurut keadaan orang yang dinasihati, seperti terhadap anak kecil, orang dewasa, atau orang yang memiliki kedudukan tinggi di tengah masyarakat. Tidak semua cara cocok untuk semua orang.

🍃Oleh karenanya orang yang memberikan nasihat kepada saudaranya sesama Muslim Memberikannya dalam setiap urusan, baik agama maupun dunia. Maksudnya, dalam perkara-perkara yang ia ketahui atau ia pandang bermanfaat bagi orang tersebut dalam urusan agama dan dunianya. Kapan saja kita mendapati kesempatan atau peluang untuk memberikan nasihat kepada saudara sesama muslim, maka janganlah kita menahan diri untuk melakukannya.

Wallohu a’lam 💐💐😊😊

📻Fajri 99.3 Fm
_____
📲Yuk Bantu Share pesan ini, semoga menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya…

💻Peduli.fajrifm.com
📩WA : 0852 1820 8707
📱BBM : 5E83BB05
▶️Telegram Channel : http://bit.ly/1NEYAH5
⏸Subcribe :
https://www.youtube.com/channel/UCss28lwB1EUGtsLPIzLdwmA
___________
📽Mari Bantu Program (PPK) Produksi dan Penyebaran Konten (Artikel, Quotes, Audio dan Video) Islami dengan cara mendonasikan sebagian harta anda melalui:

🏧 BSM: 7068-790-268 (Tersedia no.rek. lainnya)
A.N. Yayasan Peduli Fajar Imani
*Tambahkan angka Rp. 88 Untuk Kemudahan Pendataan Kami, Misal donasi Rp. 1000.088*